Perbedaan Fungsi Otak Kiri Dan Kanan

Assalamualaikum.Wr.Wb

Selamat malam semua

Pada kesempatan kali ini, saya akan mencoba membahas dan membedah fungsi dari otak kanan dan kiri. Yup tulisan ini saya buat karena dalam matakuliah Kreativitas di kelas tadi saya mendapat ilmu tengtang fungsi otak kanan dan kiri.

Hasil gambar untuk otak kanan dan kiri

Bisa di lihat dari gambar diatas bahwa otak kanan dan kiri memiliki fungsi yang berbeda.


Kalau saya pribadi saya lebih menyukai kinerja otak kanan, why??? karena saya suka bermusik dan saya punya imajinasi yang bagus. Dengan bermusik maka secara otomatis itu akan menuimbulkan kreativitas dan imajinasi dalam bermain musik. Akan tetapi saya tidak berbicara kalau saya tidak menyukai fungsi otak kanan. Saya suka dengan kinerja otak kanan dan kiri saya




Kontrol dan strategi merupakan beberapa fungsi dari otak kiri, saya pernah belajar tentang kontrol dan strategi contoh nya saat saya latihan karate. Dalam latihan karate tersebut saya di tuntut untuk bisa mengkontrol emosi saya, gerakan saya, kecepatan, power, serta akurasi. Dan dalam latihan karate tersebut saya belajar tentang strategi juga, strategi bagaimana saya bisa mengenai musuh dengan pukulan atau tendangan, strategi bagaimana caranya saya mendapat poin dalam sebuah pertandingan, strategi bagaimana caranya saya bisa memenangi pertandingan, dan itu juga mengasah kreativitas saya.








Banyak manfaat yang bisa kita peroleh dari fungsi otak kanan dan kiri. Dan banyak hal yang bisa kita lakukan untuk bisa mengimbangi fungsi kerja otak kanan dan kiri.

Menggunakan Otak Kanan Orang yang lebih dominan menggunakan otak kanan cenderung menggunakan kreativitas untuk memecahkan suatu masalah. Mereka lebih banyak mengandalkan intuisi dan lebih cepat menangkap gambaran keseluruhan situasi. Pada intinya, orang yang banyak menggunakan otak kanan tidak detail oriented. 

Menggunakan otak Kiri Orang yang lebih dominan menggunakan otak kiri lebih memilih alasan untuk segala sesuatu yang lain. Mereka menggunakan logika rasional untuk mengidentifikasi penyebab masalah, dan kemudian berpikir tentang bagaimana cara mengatasinya. Pada intinya, orang yang berfikir menggunakan otak kiri adalah detail-oriented.


Ok guys mungkin dalam blog perdana saya hanya ini yang bisa saya paparkan. selamat malam dan terimakasih.

Comments